Seleksi Provinsi sudah berlalu, menyongsong OSN 2009 (3 - 8 Agustus ) di DKI Jakarta

Print VersionPDF VersionEmail

TOFI News - Seleksi Provinsi sudah berlalu, menyongsong OSN 2009 (3 - 8 Agustus ) di DKI JakartaKegiatan seleksi tingkat Provinsi sudah selesai dilaksanakan secara serentak dari tgl 8 - 11 Juni 2009. Meskipun demikian ada beberapa provinsi melakukan kegiatan yang tidak sesuai dengan jadwal yang ditetapkan oleh Direktorat Pembinaan SMA namun masih dalam kurun waktu tanggal yang sama.

Salah satu kegiatan seleksi tingkat Provinsi yang direkam dalam gambar adalah di daerah Jawa Timur. Jumlah peserta sebanyak 115 siswa merupakan salah satu dari 4 provinsi yang pesertanya di atas 100 siswa (Jawa Tengah 119 siswa, Jawa Timur 115 siswa, Sumatera Utara 115 siswa dan DKI Jakarta 110 siswa). Pelaksanaan di Jawa Timur dipusatkan di Asrama Haji Sukolilo Surabaya. Bidang studi Fisika, Biologi, Matematika dan Kimia dilaksanakan tanggal 9 Juni 2009, sedangkan Komputer, Astronomi, Kebumian dan Ekonomi dilaksanakan pada tanggal 10 Juni 2009.

Selama 3 jam para siswa berkutat ditempat duduk masing-masing untuk menyelesaikan 7 soal mekanika yang diujikan. Ada beberapa siswa minta ijin ke kamar kecil akibat dinginnya mesin pendingin udara atau stress ringan saat baca soal yang tidak terduga. Semoga hasil yang diperoleh provinsi Jawa Timur lebih baik dari tahun 2008 dan menyumbangkan siswa berprestasi di olimpiade fisika internasional.

Jumlah peserta yang mengikuti seleksi fisika dari 33 provinsi di Indonesia adalah 1749 siswa. Lembar jawaban peserta akan diperiksa oleh tim pembina pada tanggal 22 - 27 Juni 2009 di Mataram, NTB. Hasilnya akan diumumkan secara serentak oleh Direktorat Pembinaan SMA pada akhir Juni atau awal Juli 2009. Dengan demikian masih ada waktu kurang lebih 1 bulan bagi setiap provinsi untuk membina siswanya sebelum berperang di OSN.

Sistim yang diberlakukan dalam memilih siswa yang berhak mengikuti OSN adalah nilai kelulusan (passing-grade) dan ditambah dengan siswa peringkat pertama dari Provinsi yang tidak berhasil melampaui nilai kelulusan. Jumlah total peserta OSN setiap bidang studi sekitar 80 - 100 siswa. Jumlah tersebut diperoleh dari perkiraan jika setiap provinsi diberi jatah masing-masing 3 siswa. Dengan adanya batas nilai kelulusan, maka ada kemungkinan satu provinsi terwakili lebih dari 3 siswa. Namun demikian, paling tidak setiap provinsi tetap memiliki wakil 1 siswanya untuk mengikuti OSN yaitu siswa peringkat pertamanya.

OSN tahun 2009 akan dilaksanakan di DKI Jakarta dari tanggal 3 - 8 Agustus.

Sampai jumpa di OSN DKI Jakarta bagi siswa yang lolos nanti. (webmaster)

0 Response to "Seleksi Provinsi sudah berlalu, menyongsong OSN 2009 (3 - 8 Agustus ) di DKI Jakarta"